Grid Style

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Bisnis Terkini:

latest

Thacia, Produk Perlengkapan Bayi Berfungsi Ganda

Produk yang menyasar pasar bayi tidak pernah mati. Namun perlu suatu strategi dan inovasi untuk merebut ceruk ini, di antaranya memproduksi perlengkapan bayi dengan beberapa fungsi. Wiyono

Saat akan menyambut kehadiran si buah h…

Produk yang menyasar pasar bayi tidak pernah mati. Namun perlu suatu strategi dan inovasi untuk merebut ceruk ini, di antaranya memproduksi perlengkapan bayi dengan beberapa fungsi. Wiyono

Saat akan menyambut kehadiran si buah hati, perlengkapan bayi selalu menjadi salah satu daftar wajib di antara pengisi keranjang belanja.  Sekarang ini produk-produk perlengkapan bayi bukan hanya beragam jenisnya, modelnya juga dibuat menarik serta lucu-lucu. Mulai dari pemberian hiasan atau motif-motif khas anak-anak, sampai kepada variasi model yang multifungsi, praktis dan unik.

Memang, bila dilihat dari sisi pengusaha,  bagi produsen atau pun pedagang, pasar untuk produk ini selalu memikat. Betapa tidak, di atas kertas untuk pasar lokal saja, besarnya jumlah penduduk serta tingginya tingkat pertumbuhan sudah menjanjikan ceruk pasar yang tidak akan pernah habis.

Selain itu dari sisi urgensi, produk-produk perlengkapan bayi bukan termasuk barang-barang yang pemenuhannya bisa ditunda, sehingga ini merupakan pasar yang menggiurkan bagi para pemain yang terjun ke dalamnya.

Alasan di atas membuat Johan, 31 tahun, ikut melirik peluang pasar yang menurutnya sangat bagus, sebab produk perlengkapan bayi senantiasa bersifat terus-menerus dan merupakan kebutuhan pokok bagi keluarga yang punya momongan “Kami berproduksi  perlengkapan bayi mulai Juli 2006. Perusahaan atau lebih tepatnya home industry ini sebenarnya adalah pengembangan dari produk-produk kami yang sebelumnya lebih ke arah produk fancy, antara lain tempat HP, tempat kosmetik dan berbagai macam tas untuk souvenir,” ujar pria asal Klaten, Jawa Tengah tersebut.

Thacia BabyKini UD Thacia,  nama bendera usaha lulusan Magister Management Universitas Atmajaya Jogyakarta itu, di samping menjadi produsen boks atau aneka kotak hias serta perusahaan mineral makanan ternak dan bangunan juga dikenal oleh masyarakat sekitar memiliki diversifikasi usaha berupa produk-produk perlengkapan bayi dan anak-anak. Namun yang membuat sedikit berbeda, Johan tidak mau memproduksi jenis pakaian bayi berupa popok, gurita, atau yang lain seperti pengusaha yang bergerak di bidang perlengkapan bayi kebanyakan melainkan hanya fokus ke perlengkapannya seperti gendongan, selimut, topi selimut untuk bepergian, tas perlengkapan bayi, bantal-guling, perlak (alas), bedong, dan lain sebagainya.

Menariknya lagi, Johan mengembangkan kreasi produk perlengkapan bayinya dengan beberapa sentuhan inovasi. Seperti misalnya, tas perlengkapan dikombinasi dengan alas tidur bayi sehingga mampu berfungsi ganda. Hampir serupa, terdapat pula tas dengan serut, atau yang lain, misalnya ia membuat bantal peyang khusus untuk bayi baru lahir. “Jenis produk diperoleh dari pengembangan produk-produk yang telah ada maupun menjiplak disain yang telah ada. Kita hanya mengefisienkan ukuran dalam pemotongan pola sehingga diperoleh biaya produksi yang minimal, sehingga harganya bisa bersaing,” ungkapnya.

Thacia BabyUsaha bermodal awal sekitar Rp 25 juta tersebut melibatkan kira-kira sepuluh orang penjahit dengan sistem borongan. Artinya produksi dilakukan secara makloon, dengan begitu Johan tinggal melakukan kontrol kualitas dan fokus pada pemasaran sebab produksi dilakukan kontinyu dengan sistem stok.

Sejak awal usaha hingga tahun pertama, Johan mengatakan, prospek produk perlengkapan bayi sejatinya sangat bagus. Meskipun konsumen baru meliputi Jawa Tengah dan DIY, penjualan tiap item produk perbulan minimal mencapai 200 pcs. “Sekarang ini saya baru fokus ke kapasitas produksinya, setelah kapasitas produksi kami benar-benar sip, maka kami berencana melakukan intensif marketing,” akunya sembari menjelaskan, karena saat ini masih terdapat kendala produksi, maka pemasaran baru sebatas melalui internet serta beberapa baby shop yang dibuka saudara-saudaranya.

Tidak ada komentar