Grid Style

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Bisnis Terkini:

latest

Salon Anjing Mobile, Piaraan Cantik, Pasar Asyik

Lantaran selalu kewalahan melayani order dari pelanggan, Henny berencana untuk mewaralabakan Happy Pets Grooming. Wiyono 

If you need a friend, buy a dog. Meskipun ungkapan itu awalnya hanya berasal dari sebuah film namun sediki…

Lantaran selalu kewalahan melayani order dari pelanggan, Henny berencana untuk mewaralabakan Happy Pets Grooming. Wiyono 

If you need a friend, buy a dog. Meskipun ungkapan itu awalnya hanya berasal dari sebuah film namun sedikit banyak  memberikan gambaran satu sisi gaya hidup manusia sekarang, gemar memelihara binatang kesayangan terutama anjing. Masyarakat moderen yang cenderung bersifat individualistis pada akhirnya menyisakan ruang kosong atas kebutuhan berinteraksi serta berteman. Sementara itu komplementasi yang dianggap paling mudah serta aman untuk melampiaskan perasaan kesepian tersebut yaitu melalui binatang piaraan. Dan bukan cuma terjadi di luar negeri saja, budaya semacam ini juga mulai berkembang pada masyarakat metropolis di Indonesia.
Bila kurang percaya silahkan tengok, setiap akhir pekan hampir semua pet shop di Jakarta dan kota-kota besar lain pasti ramai dikunjungi orang. Dari beragam hewan piaraan yang ditawarkan, mulai dari anak anjing, kucing, ikan, kura-kura, burung, hamster, hingga binatang reptil seperti ular dan iguana, yang paling banyak tersedia dan diminati sebagai teman setia pastilah anjing, setelah itu baru kucing ras.

Dari kaca mata yang sedikit berbeda Henny M. Pangadjaja melihat bahwa tingkat kesejahteraan masyarakat yang mulai membaik menjadi alasan mengapa para pecinta anjing piaraan makin marak. Kini mereka tidak lagi menganggap anjing sebagai barang mewah dan butuh perawatan mahal. Pengusaha salon anjing dengan model keliling sejak tahun 2001 ini juga menengarai walaupun masih di bawah Singapura atau Malaysia, bahkan Thailand, tetapi tingkat kesadaran merawat binatang peliharaan pun mulai menanjak. “Salon sudah mulai membudaya, bahwa kebutuhan merawat anjing bukan hanya pada waktu sudah kelihatan amat kotor sehingga tidak dapat memandikan sendiri, melainkan merupakan kebutuhan rutin. Sebab bagaimana anjingnya mau bagus kalau perawatan hanya dilakukan setelah kelihatan jelek, paling-paling salon hanya bisa menggunduli saja,” pemilik Happy Pets Grooming ini berujar.

Sesuai dengan namanya Henny menyediakan jasa grooming hewan piaraan. Yang agak berbeda salon miliknya dijalankan dengan sistem mobile.  Costumer tidak perlu repot-repot membawa binatang yang hendak didandani tersebut keluar rumah, sebaliknya karyawan salon yang akan mendatangi beserta peralatan lengkap. Pemilik hewan tinggal mengangkat  telepon maka akan segera dibuatkan jadwal sesuai daftar. Secara garis besar terdapat dua jenis perawatan. Standard grooming atau pelayanan standar yakni memandikan, membersihkan telinga, menggunting kuku, serta cukur bulu. Sedangkan layanan eksklusif adalah layanan standar ditambah dengan perawatan hair spa bagi si binatang kesayangan. 

Untuk layanan standar tersebut tenaga operasionalnya berjumlah dua orang dan biasanya cukup dengan memakai sepeda motor yang dilengkapi boks peralatan di belakangnya. Agar tampak menarik bentuknya didesain berbentuk anjing sehingga tampak menyolok mata. Sedangkan untuk melayani perawatan dengan hair spa disediakan mobil salon berupa jenis kendaraan kijang kapsul yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk keperluan tersebut. “Nanti anjingnya dimandikan di dalam mobil, sedangkan yang memakai motor, tuan rumah yang menyediakan tempat, cukup di garasi atau di kamar mandi,” jelas Henny.
Ibarat pucuk dicinta ulam tiba, bisnis yang menyajikan kemudahan biasanya mendapatkan respon positif. Demikian pula salon anjing mobile ini pun banyak peminatnya.  Sebab pelanggannya cukup menunggui di rumah, selain itu  anjingnya tidak takut terkena stress atau ketularan kutu dari binatang lain. Apabila sudah berhadapan dengan kualitas maka besar kecilnya tarif biasanya menjadi relatif. Biaya sekali perawatan sebesar Rp 50 ribu-Rp 150 ribu. Standar harga tersebut berdasarkan jenis layanan, jenis anjing, dan besar kecilnya. “Binatang berbulu tebal agak lebih mahal, sebaliknya anjing smooth yang pendek biayanya juga lebih murah,” paparnya.

Diceritakan, ibu satu putra itu menekuni usaha salon anjing keliling ini karena berangkat dari keluarga yang hobi memelihara anjing. Sebelumnya ia pun merupakan pelanggan setia salon anjing pula. Saat sebelum menikah sekitar sepuluh tahun yang lalu dan masih tinggal di Jakarta cukup gampang mendapati salon binatang. Namun tidak demikian setelah ia mengikuti suami tinggal di Karawaci, Tangerang. Apalagi suaminya pada awalnya tidak terlalu menyukai anjing. Ia diperbolehkan tetap membawa anjing puddle kesayangannya asalkan tidak sampai menimbulkan bau sehingga bagaimana pun caranya dia mesti bolak-balik ke Jakarta hanya untuk memandikan atau terpaksa membayar lebih agar pegawai salon mau datang ke rumahnya. Dari pengalaman itu akhirnya menimbulkan keinginan memiliki salon anjing sendiri. Ia bahkan sampai kursus di Singapura karena tidak mau sekadar asal-asalan. 

Meskipun pada dasarnya hanya berangkat dari hobi, menurut wanita pebisnis di bidang garmen, restoran, juga pemasok buah-buahan di supermarket tersebut sebenarnya usaha ini prospektif asal dilakukan memakai sistem yang profesional bukan sekadar mengejar keuntungan atau hanya karena mengikuti trend.  Saat ini Happy Pets Grooming memiliki sekitar 27 orang karyawan dengan 10 buah armada, delapan buah sepeda motor dan 2 buah mobil untuk menjangkau wilayah Jabodetabek. Itu pun ia mengaku masih kuwalahan sehingga wilayah Bogor untuk sementara belum terlayani.
Salah satu kendala yang acap dialami, diakui Henny adalah masalah pengaturan jadwal itu sendiri. Di samping jarak tempuh, faktor yang menentukan lama tidaknya waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan masing-masing order adalah sifat setiap hewan yang dirawat. Maklum namanya binatang jelas bermacam-macam, ada yang penurut, galak, susah diam dan sebagainya. Kesulitan lain misalnya, lama perjalanan meleset dari perkiraan akibat kemacetan atau hujan. Dalam kondisi normal, seorang pelanggan yang meminta servis standar, dua atau tiga hari kemudian sudah dapat dilayani.  Tetapi bila menghendaki layanan eksklusif maka waiting list bisa mencapai satu atau dua minggu. 
Sedangkan bagi costumer lama rata-rata sudah memiliki jadwal tetap. Misalnya perawatan setiap dua minggu sekali atau tergantung kemauan masing-masing. Ada yang meminta setiap satu minggu didatangi, atau pun sebulan sekali setiap tanggal tertentu. 

Oleh karena selalu merasa overload menerima order maka Henny bermaksud mengajak mitra yang tertarik mengembangkan bisnis jasa salon anjing keliling tersebut. “Rencana saya bulan Juni ini sudah mulai membuka franchise sehingga nanti seluruh Jakarta, masing-masing terdapat dua tempat. Jadi seluruhnya dikepung,” ucapnya mantap. Salah satu keuntungan lain apabila telah memiliki banyak cabang,  operasional akan jauh lebih mudah. Karena belum merata sementara ini jarak masih diperhitungkan pada  saat menentukan besarnya harga. “Kalau sudah franchise maka seluruh Jakarta, bahkan seluruh Indonesia akan sama,” tukasnya.

Tidak ada komentar