Grid Style

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Bisnis Terkini:

latest

Prospek Hot Kursus Membuat Robot

Jangan mengira, hanya para pakar bergelar doktor atau profesor saja yang bisa membuat robot. Remaja bahkan anak-anak pun. Mau tahu? Fisamawati

Robot adalah mesin yang bekerja secara mekanis dan dikendalikan oleh komputer. Karena…

Jangan mengira, hanya para pakar bergelar doktor atau profesor saja yang bisa membuat robot. Remaja bahkan anak-anak pun. Mau tahu? Fisamawati

Robot adalah mesin yang bekerja secara mekanis dan dikendalikan oleh komputer. Karena itu, robot bisa melakukan gerak-gerak tertentu secara otomatis. Ia bisa bergerak ke sana ke mari, dan melakukan banyak hal. Di industri mobil misalnya, robot canggih bisa dipekerjakan untuk mengangkat, mengelas, atau mengecat mobil. Robot juga kerap digunakan untuk menjalankan tugas-tugas berbahaya.
Di Singapura dan Australia, minat anak untuk membuat sebuah robot begitu besar. Namun di Indonesia antusiasme belum sebesar dui kedua negara jiran kita itu. Untuk menerapkan metode yang berdasar ilmu teknologi ini, dirasakan sulit. Selain kurangnya pemahaman akan guna robot tersebut, faktor lain yang ikut mempengaruhi adalah sulitnya pengembangan di tingkat pendidikan baik secara materil maupun birokrasi. 

Dari pengalaman di atas, memicu Yudi Mintoro Sumali untuk mendirikan tempat pendidikan dan pelatihan membuat robot bagi anak dan remaja. “Saya mencoba membeli satu robot dan saya bawa ke Jakarta. Selama satu tahun, saya mempelajari mekanisme kerja robot dari hunting internet dan mencari resource. Setelah dirasakan cukup, saya pun mulai menawarkan kerjasama dengan pihak-pihak sekolah, ternyata sulit,” kenang Yudi.
Padahal saat itu, animo murid-murid terhadap pelatihan robot sangat tinggi sekitar 90 persen. Mungkin, berdasarkan analisa masih ada peluang bisnis pelatihan robot di Indonesia serta ditambah kekecewa tadi, lantas Yudi pun mencoba peruntungan dengan mempresentasikan kursus robot ke rumah-rumah.

Setelah dijalani, ternyata benar adanya bahwa minat anak terhadap pembuatan robot memang tinggi. Dengan pertimbangan dan masukan-masukan beberapa teman, pria lulusan Sekolah Tinggi Teknik Surabaya ini, memutuskan untuk menyewa sebuah ruko di bilangan Kelapa Gading, Jakarta Timur sebagai wadah pelatihan. “Karena di rumah sepertinya kurang profesional. Nah, kebetulan ada teman yang menyewa dua lantai di bawah ruko tersebut. Saya pun mengajukan untuk menyewa lantai ketiga, awalnya ragu tapi tetap saya coba,” kata pria yang melekatkan nama Robotic Education Centre (REC), untuk kursus pembuatan robot tersebut.
“Saat musim liburan anak sekolah, saya membuat program Holiday bagi anak-anak dengan memanfaatkan waktu luang mereka. Dari program itu mampu merekrut sekitar 25 murid,” imbuhnya. Dari titik itulah, jumlah muridnya terus bertambah. Tak berhenti begitu saja, ia pun melebarkan sayap dengan membuat event bekerja sama dengan salah satu mal di Kelapa Gading. “Dari event tersebut mampu mengantar tim kami menjadi juara I sekaligus juara umum dan juara III di ajang kompetisi nasional tingkat junior Indonesian Robotic Olympiad (IRO) tahun lalu,” ucapnya bangga. Bahkan, Juara umum tersebut pun akan mewakili Indonesia di ajang internasional World Robotic Olympiad di Nanning, China.

Dari prestasi yang diukir anak didiknya, Yudi menambahkan, tujuan diadakannya kursus robot semata-mata ingin meningkatkan kreatifitas anak. Baginya, membuat anak menjadi pintar itu mudah tetapi untuk kreatif itu sulit. Kedua, meningkatkan daya imajinasi. Untuk menumbuhkan tingkat imajinasi, metode yang dilakukan adalah mengajarkan anak untuk membayangkan sesuatu setelah itu digambar sebagai bentuk riil imajinasinya yang kemudian dituangkan dalan bentuk kreatifitas. Dan yang ketiga, juga point utama, yaitu membentuk daya logika anak. “Logika tersebut bertujuan menghubungkan antara imajinasi dan kreatifitas, sehingga disini diajarkan programming,” papar Sarjana Informatika ini.

Untuk memudahkan kurikulum pembelajaran yang diterapkan, Yudi membagi kursus REC ke dalam dua kelas. Untuk kelas beginner dimulai dari umur 5 sampai 7 tahun, dengan biaya Rp. 250.000,- rupiah per bulan. Sedangkan, untuk umur 8 tahun ke atas disebut kelas robotic dikenakan biaya Rp. 300.000,- rupiah per bulan. Per kelas terdiri dari 3 hingga 6 murid. 

Tiap-tiap kelas pun memiliki durasi belajar yang berbeda pula. Kelas beginner memiliki durasi lebih pendek dibandingkan kelas robotic. Durasi kelas beginner adalah 90 menit dan kelas robotic 120 menit. Alasan kelas beginner berdurasi pendek adalah untuk mengurangi tingkat kebosanan pada anak. Pertemuan masing-masing kelas adalah sekali seminggu.“Karena anak-anak banyak kegiatan. Jadi kita tidak bisa push mereka, tapi banyak juga orang tua yang menginginkan seminggu dua kali, tapi tidak kita sanggupi,” kata Yudi yang mengaku kesulitan mengatur jadwal yang sudah ada.
Sedangkan untuk tingkat pelatihan kursus robot terbagi menjadi empat level. Level tersebut adalah Mechanic and Engineering, Robotic Basic, Robotic Intermediate, dan Robotic Advance. Semua murid baru akan memulai pelajaran dari level dasar dan selanjutnya akan naik ke level berikut hingga yang tertinggi level keempat. “Membuat robot merupakan satu rangkaian. Jika ada satu level tidak diikuti maka mereka dipastikan tidak akan bisa mengikuti materi di level selanjutnya,” terang kelahiran 20 Maret 1973 itu.          

Lalu berapa modal yang diperlukan? “Modal awal sekitar  Rp150 juta untuk membeli alat-alat, kemudian berkembang seiring dengan bertambahnya murid,” akunya. Kini, dengan jumlah murid sebanyak 100 anak dan  biaya kursus Rp.300.000,- per bulan, Anda bisa menghitung sendiri berapa omset kotor Yudi.

Tabel Level Kursus REC
Kategori LevelLama KursusKeterangan
Mechanic
and Engineering
2-3 bulanPengenalan komponen Lego yang bisa dijadikan robot dan cara merakitnya, pengenalan dan uji coba pulley dan gear yang berfungsi sebagai motor sebuah robot, serta cara mendesign robot di atas kertas sesuai dengan imajinasi setiap anak.  
Robotic Basic3-6 bulanPengenalan dan percobaan materi konstruksi sebuah robot sederhana serta eksplorasi tentang sensor, cahaya dan sentuh yang bisa membuat sebuah robot bergerak sendiri. Secara keseluruhan, pelajaran akan, berkaitan dengan dasar program robot (mind stroms software).  
Robotic Intermediate3-6 bulanMenciptakan robot tingkat lanjut (sesuai imajinasi) yang konstruksinya bergerak maju-mundur, belok kanan-kiri, bersuara, dan memiliki karakter.
Robotic Advance3-6 bulanMembuat robot terstruktur (ini berarti ada penggabungan lebih dari satu mesin robot dan komunikasi antara mesin). Diharapkan di level ini bisa membuat robot pekerja/robot yang bisa diperintah melakukan banyak gerakan serta membuat lift.   

Tabel Biaya Kursus REC
Kategori KelasBiayaKeterangan
BeginnerRp. 250.000,- per bulan·    Usia 5-7 tahun·    1 x seminggu·    Durasi 90 menit/ pertemuan
RoboticRp. 300.000,- per bulan·    Usia 8 tahun ke atas·    1 x seminggu·    Durasi 120 menit/ pertemuan

Tidak ada komentar