Grid Style

GRID_STYLE

Post/Page

Weather Location

Bisnis Terkini:

latest

Alfamart Tak Pernah Alpa Mengukir Prestasi

Sekalipun kompetitor terus bermunculan, Alfamart masih tetap berdiri di jajaran terdepan. Fisamawati

Tertarik pada franchise mini market yang saat ini nampaknya menjamur di mana-mana?. Kecenderungan masyarakat yang gandrung (men…

Sekalipun kompetitor terus bermunculan, Alfamart masih tetap berdiri di jajaran terdepan. Fisamawati

Tertarik pada franchise mini market yang saat ini nampaknya menjamur di mana-mana?. Kecenderungan masyarakat yang gandrung (menyukai) berbelanja di toko-toko moderen yang bersih, ber-AC dengan harga yang tak terpaut dengan “pasar becek” membuat peluang mendirikan minimarket selalu terbuka. Hal ini juga mungkin yang bisa menjelaskan mengapa minat franchisee untuk mendirikan minimarket tak pernah menyusut.
Mungkin, Alfamart salah satu pilihan yang patut diperhitungkan sebagai waralaba retail mini market. Toko Waralaba Alfamart adalah salah satu waralaba yang paling diminati saat ini. Waralaba Alfamart juga telah meraih penghargaan Franchise Gold 2006.

Alfamart terbukti telah memberikan keuntungan dan kerjasama yang baik dengan para terwaralaba. Sejak awal berdiri tahun 1999 dan memperkenalkan pola waralaba tahun 2002, Alfamart yang bernaung di bawah bendera Sampurna Grup mampu berkembang hingga sekitar 800 outlet per September 2004 lalu. Dengan mengemban motto “Belanja Puas, Harga Pas”, Alfamart terbukti telah memberikan keuntungan dan kerjasama yang baik dengan para terwaralaba.Kini, Alfamart memberikan investasi awal senilai Rp 250 juta hingga Rp 350 juta untuk membuat perlengkapan dan peralatan toko seperti rak dan AC, serta memasok barang dagangan.

Pengembalian investasi maksimum dilakukan empat tahun, tergantung investasi yang nilainya berdasarkan dari luas toko. Setelah lima tahun, mitra menjadi pewaralaba dan gerai tersebut menjadi milik mitra.Sedangkan untuk pengembalian investasi dilakukan melalui keuntungan bersih yang diperoleh sesuai dengan kesepakatan awal. Jika keuntungan melebihi kesepakatan awal, maka 50 persen dari kelebihan keuntungan juga disetor untuk mengembalikan pinjaman investasi. Karena itu, mitra pengelola akan mendapat honor berkisar Rp 5,5 juta sampai Rp6 juta setiap bulan.

Setelah sukses dengan pola waralaba, Alfamart mengembangkan konsep kedua yaitu Operator Mandiri. Konsep tersebut membantu masyarakat yang ingin berusaha namun tidak memiliki dana untuk investasi awal. Melalui konsep ini, mitra cukup memiliki tempat sebagai modal.Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan Alfamart antara lain, memiliki konsep toko yang bersahabat dengan masyarakat. Contohnya, program kasih keluarga, papan bersama Alfamart, di mana semua orang dapat memasang pengumuman baik lowongan kerja atau pun lainnya.

Tidak ada komentar