www.AlvinAdam.com


Majalah Pengusaha

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

Anda Ingin Sehat & Bugar? Silahkan Mampir ke The Bodyfitness

Posted by On 01.34

Tempat hang out yang memadukan konsep gymnasium dan resto kesehatan telah hadir di Jakarta. Selain berolah raga, pengunjung bisa menyantap makanan sehat sesuai dosis. Rian S

Men Sana in Corpore Sano (dalam badan yang sehat terletak jiwa yang sehat). Demikianlah slogan lama bahasa latin yang acapkali dipakai untuk menggambarkan tentang kesehatan badan yang berkaitan dengan sehatnya jiwa seseorang. Dan, kata kuno itu, tampaknya menjadi acuan sebagian besar atau hampir seluruh karyawan dan para anggota The BodyfitnesS, sebuah tempat kebugaran  yang terletak di Wisma Geha, Jl Timor 25, Jakarta Pusat.
Tempat itu bukan sekedar tempat berolahraga (gymnasium), namun juga sebuah resto yang menjual menu kesehatan konsumennya.  Pengunjung The  BodyfitnesS, sesudah berlatih kebugaran, bisa langsung menyantap atau memilih makanan/menu sesuai selera sesuai dengan anjuran para personal trainer nya. “Kami tidak saja menjual fasilitas kebugaran, tapi juga tempat konsultasi kesehatan dan makanan bagi mereka yang ingin sehat,” aku KRT Tedjodiningrat Brotoasmoro, pemilik sekaligus pengelola The BodyfitnesS.

Jojo—panggilan akrab Tedjodiningrat—adalah sosok yang mampu melihat peluang ditengah-tengah hiruk pikuk kemacetan lalu lintas di Jakarta.  The BodyfitnesS, gymnasium sekaligus resto, adalah sebuah konsep bisnis yang memadukan antara kesehatan dan gaya hidup. Tempat ini, telah menjelma menjadi sebuah tempat untuk lifestyle bagi para professional dan khalayak awam di Jakarta. “Mereka yang ingin hidup sehat, silahkan datang ke tempat ini,” candanya.
Umumnya, pengunjung--para pekerja kantor—The BodyfitnesS sangat berminat dengan masalah kebugaran. Lelah, lokasi rumah yang jauh dari kantor, kemacetan lalu lintas, adalah rutinitas sehari-hari yang harus dihadapi mereka. Para professional, karyawan kantor ini kebanyakan adalah kaum urban yang berdomisili  di luar Jakarta, seperti Serpong, Cibubur dan beberapa tempat lainnya. Untuk berangkat ke kantor, mereka harus bangun pagi—subuh malah—agar tidak terjebak kemacetan. Begitu juga saat pulang, mereka harus menunggu lengangnya jalan. Nah, disela-sela waktu luang itu, akhirnya mereka mencari tempat  hang out (nongkrong) di luar kafe atau tempat yang sejenisnya. “Yang gemar olah raga atau fitness, akhirnya datang ke tempat kami. Keluar dari tempat kami ditanggung segar, ” ujar Jojo. 

The BodyfitnesS, muncul tidak semata-mata hanya peluang. Unsur hobi, ternyata jauh lebih dominant. Jojo, memang pehobi berat olah raga kebugaran. Kisah ini dimulai saat perkenalannya dengan bodybuilder, Ade Rai, pada 2000 lalu. Jojo, saat itu usai menamatkan sekolah di Tri Sakti, Jakarta.
Semula, dia adalah demonstran jalanan, termasuk ikut demo menjelang kejatuhan Presiden Soeharto. Perkelahian, gebuk-gebukan dengan petugas adalah makanan sehari-harinya. Oleh Ade Rai disarankan, ketimbang menjadi jagoan jalanan, lebih baik energinya disalurkan dalam arti positif dengan menjadi jagoan yang sebenarnya.  “Raihlah prestasi. Jangan prestasi negative seperti di jalanan.” Demikian kata-kata itu yang selalu berdengung di telinganya. Akhirnya, mulailah dia belajar kebugaran dan membentuk otot di Klub Ade Rai.

Setamat kuliah, pada 2001, Jojo keluar dan bekerja di PT Jaya Hanggada Sakti, sebuah perusahaan produsen dan distributor alat-alat kesehatan dan fitness. Dia kemudian dipercaya sebagai manajer sekaligus instruktur di Fit & Fresh Gym, sebuah tempat kebugaran di Jl. Abdul Muis, Jakarta Pusat. Pada 2003, gymnasium ini diwaralabakan dan telah memiliki tujuh outlet antara lain di : Surabaya, Jakarta, Bandung dan Jogjakarta.  Sayang, usaha yang dirintisnya berantakan karena  adanya friksi internal dan sistem waralaba yang kurang kuat.  Waralaba kebugaran ini stagnan.

Lalu, pada 2006, dia bersama ketiga mitranya mendirikan The BodyfitnesS. Dengan moto Your Place for the Real Fitness, mulailah gudang seluas 400 meter persegi itu disulap menjadi tempat kebugaran lengkap dengan resto kesehatannya. Disini, pengunjung setelah berbugar-ria, bisa menikmati sajian makanan sehat. Menurut Jojo, setelah berolah raga, tubuh butuh kalori yang cukup untuk menggantikan tenaga yang terbuang. Selama ini, banyak orang yang asal menyantap makanan yang dianggap bisa menggantikan tenaga yang terpakai saat berolah raga. “Padahal ini salah,” ujarnya. Makan dan olahraga harus sebanding, tergantung porsi latihannya. Untuk itulah, The BodyfitnesS menyediakan konsultan dan sekaligus personal trainer bagi mereka yang membutuhkan.
Healthilicious, adalah nama resto kesehatan tersebut. Tempatnya, satu lokasi dengan The BodyfitnesS. Di resto ini tak kurang dari 30 jenis menu makanan sehat disajikan yang bahan bakunya dari dalam negeri serta beberapa produk impor dari Jepang, Eropa dan Italia.

Sejak dibuka setahun lalu, The BodyfitnesS memiliki 600 anggota. Masing-masing anggota membayar Rp 250 ribu untuk uang keanggotaan. Selain ini, gymnasium megah ini juga sering dikunjungi oleh individu-individu yang sekadar ingin berolah kebugaran. Dengan 40 orang SDM plus beberapa personal trainer,  The BodyfitnesS belum balik modal. “Pendapatan kami masih belum mencapai titik impas,” tuturnya. Tapi, dia optimistis bahwa gymnasium ini menjadi salah satu profit center, disamping bisnis-bisnis yang lainnya.  Untungnya, investasi di bisnis uini tidak mahal lantaran ada beberapa peralatan yang bisa dibuat sendiri lewat divisi Body Fitness Equipment. “Kalau peralatan kami impor dan membeli di pasaran, investasi kami akan lebih besar lagi,” kata Jojo, yang enggan menyebut berapa nilai investasinya.

Tahun ini The BodyfitnesS menargetkan 1000 anggota. Berbagai upaya terus dilakukan, di antaranya promo langsung ke kantor dan lewat jaringan para anggota. Selain itu, manajemen juga menjajagi kemungkinan untuk membuka cabang baru. Bila hal itu terealisir, maka PT Perkasa Mandiri Sakti, pengelola gymnasium dan resto kesehatan ini makin menancapkan kuku bisnisnya di bidang life style. Selain The BoddyfitnesS, perusahaan yang sahamnya dimiliki oleh tiga sekawan ini memiliki  Resto Bawang Putih yang terletak di Poin Square, Kafe di Kawasan Pasar Festival, Kuningan,  Workshop peralatan fitness dan resto makanan sehat.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »