www.AlvinAdam.com


Majalah Pengusaha

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

TIPS - Memulai Bisnis dari Hobi

Posted by On 03.24

Memulai atau berbisnis dari pengembangan hobi, sama halnya kita memulai sebuah bisnis baru.  Beberapa teori atau cara untuk memulai sebuah bisnis, bisa Anda jumpai lewat buku-buku bisnis. Dan, kalau mau lebih instant lagi, bisa mengikuti kelompok-kelompok bisnis yang kini mulai menjamur di Jakarta. Nah, untuk memulainya Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut di bawah ini : 
1. Tekunilah Hobi Anda
Ada pepatah ‘practice make perfect’ dengan terus berlatih, termasuk melatih kemampuan kita, lambat-laun pasti akan menghasilkan karya yang terbaik. Hasil karya yang berkualitas tentu akan menaikkan nilai jualnya.

2. Tambah terus pengetahuan Anda melalui kursus-kursus, seminar atau pelatihan yang berkaitan dengan hobi.
Lewat aktivitas semacam itu, Anda akan memperoleh pengetahuan serta  sertifikat yang bisa menaikkan personal branding dan  prestise. Ini akan menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Ujung-ujungnya tentu berkaitan dengan harga jual. Selain kursus, Anda bisa membaca buku, mjalah, internet atau media lainnya untuk meningkatkan pengetahuan Anda.  

3. Carilah Ahli yang berpengalaman.
Belajar langsung lewat orang yang berpengalaman atau yang sudah sukses menjalankan hobi tersebut.  Berguru pada  mentor atau bergaul dengan orang yang berhobi sama, merupakan salah satu cara terbaik untuk menghasilkan sebuah produk yang bagus dan kompetitif baik dari segi kualitas maupun harga. Dari ‘gaul’ ini, Anda bisa mengukur kemampuan dan hasil karya Anda. 

4. Publikasikan produk Anda secara komersial
Cobalah tawarkan hasil karya Anda ke toko-toko, atau rekan-rekan, tetangga. Dari pengalaman yang sudah-sudah, tetangga atau teman dekat adalah konsumen awal. Cara ini juga mampu mengatasi kesulitan dalam hal modal keuangan karena mereka bisa di minta pembayaran di muka sebelum barangnya dibuat atau diantar. Jangan patah semangat bila produk yang ditawarkan di tolak. Lewat cara ini juga secara tidak langsung melakukan promosi dari mulut ke mulut. 

Bahan : Perencana Keuangan.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »