www.AlvinAdam.com


Majalah Pengusaha

Daftar Gratis!

Ketikan alamat email anda. Gratis!

Delivered by FeedBurner

THE MOMPRENEUR (Pebisnis Ibu Rumah Tangga)

Posted by On 03.12

Sebagai ibu rumah tangga, ditengah kesibukan rutin sehari-hari pasti menyisakan waktu luang.  Kenapa waktu tersebut tidak digunakan untuk mencari tambahan, membantu suami untuk mendapatkan uang?  Berikut dibawah ini adalah beberapa tips untuk memperoleh penghasilan tambahan tersebut.
Setiap orang berusaha untuk memanfaatkan waktu luangnya, Entah itu menekuni hobi, bersenang-senang, atau mencari penghasilan tambahan. Hal ini berlaku  juga bagi sebagian besar kaum ibu. Mereka ingin mencari tambahan penghasilan, namun tetap memiliki waktu untuk keluarganya. Apakah itu pekerjaan part time, atau ingin memulai bisnis full time di rumah. Ada beberapa ide bisnis yang bisa di-create dari rumah  yang mungkin tidak mengganggu aktivitas Anda sebagai ibu rumah tangga.

10 ide yang menghasilkan uang bagi Anda, Ibu Rumah Tangga:
The Mompreneur
Asisten Kantor 
Berkembangnya bisnis lewat jagad maya, melahirkan sebuah peluang baru, yakni sebagai sekretaris di dunia virtual.  Anda yang memiliki komputer pribadi dan terakses dengan internet, bisa bertugas atau berprofesi melayani  administrasi bagi bisnis-bisnis kecil yang tidak memiliki staff dikantornya untuk menangani tugas-tugas kantor.  Berbagai tugas dapat ditawarkan dengan rate per jam atau per jenis pekerjaan yang bervariasi mulai dari menangani kontak manajemen, data base dan membuat dan mengirimkan surat-surat bisnis, hingga merancang brosur dan buletin dan mengkoordinasikan surat-menyurat.  Di Amerika Serikat, bisnis ini berkembang di bidang  broker rumah dan pebisnis kecil (UKM). Mereka mendapatkan klien dari jasa yang ditawarkan oleh para ibu rumah tangga ini.  

Pembayar Rekening Listrik, Telepon dan PAM
Meski banyak kemudahan yang diberikan kepada pelanggan listrik, telepon dan PAM untuk membayar tagihannya—misalnya pembayaran melalui ATM atau phone banking –namun peluang untuk menjadi pembayar rekening tersebut masih terbuka lebar. Pasalnya, tidak semua orang memiliki akses tersebut. Atau sekalipun memiliki akses namun mereka enggan melakukannya dan mereka lebih nyaman bertransaksi secara konvensional. 

Merancang Resume CV
Jika Anda memiliki ketrampilan bidang ketik-mengetik, mengapa tidak manfaatkan jasa tersebut kepada para pencari kerja atau  mahasiswa yang akan menyusun skripsi. Anda bisa  membantu para pencari kerja dengan resume profesionalnya yakni (Curiculum Vitae) dan surat pengantar.  Resume ini dapat diciptakan dengan menggunakan software khusus atau templates dan program word star.  Di Amerika Serikat,  jasa seperti ini sedang diminati oleh para murid college dan para pencari kerja.  Fee berkisar US$ 50 – US$ 250 tergantung tingkat pekerjaan yang dilakukan.

Taksi Anak-anak  
Jika Anda sudah mengantar dan menjemput anak-anak Anda sendiri ke dan dari sekolah, mengapa tidak menjadikan taksi bagi anak2 lainnya.  Banyak orang tua akan senang untuk mengeluarkan uang dengan jaminan bahwa anaknya pergi dan sampai di sekolah dengan selamat.Di Perumahan Bojong Depok Baru II seorang ibu rumah tangga memanfaatkan waktu luangnya dengan menjadi pengantar jemput anak sekolah. Bermodalkan mobil Toyota Avanza baru ia bisa mengantar dan menjemput belasan anak sekolah. Bagi Anda yang tinggal di perumahan, terutama yang banyak dihuni keluarga muda, kesempatan untuk menggeluti bisnis terbuka lebar. 

Penulis Frelancee 
Anda yang gemar tulis-menulis, manfaatkanlah ketrampilan Anda tersebut sebagai  penulis freelance,  menulis artikel-artikel untuk koran dan majalah.  Kebanyakan artikel membutuhkan riset, dan harus ditulis dengan baik, dan sesuai dengan gaya publikasinya.  Honor yang diperoleh bervariasi  cukup lumayan mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.  Perusahaan penerbitan pers, bisnisman, korporasi umumnya mengunakan jasa mereka untuk menulis  press release, advertising copy,  copy writer dan proyek-proyek  khusus lainnya.

Pengajar Komputer  
Anda yang memiliki ketrampilan di bidang komputer, manfaatkanlah peluang bisnis  yakni mengajar koputer kepada anak-anak  misalnya : bagaimana menjalankan internet, akses email, set up komputer baru, dan menggunakan program-program seperti Word, Excel, Powerpoint dan QuickBooks.  Jasa ini dapat dilakukan  per orang atau dalam kelas yang diadakan di kompleks permukiman,  para pensiunan, anak-anak di masjid atau  gereja.  Para pengajar mendapatkan honor berdasarkan jam mengajar atau fee dari pendaftaran kelas.

Perawat Hewan Piaraan
Anda juga bisa manfaatkan keahlian Anda sebagai pemelihara atau perawat hewan-hewan piaraan. Banyak sekali kalangan berduit atau orang kaya disini yang mempunyai hewan kesayangan. Saat-saat liburan, biasanya mereka menitipkan hewan-hewan tersebut, karena pemiliknya umumnya berlibur.  Anda bisa bertugas sebagai  memberikan makan, bermain dengan hewan di  halaman belakang atau membersihkan kotoran kandang, dan membawa anjing berjalan-jalan.  Biasanya penjaga hewan mematok fee berdasarkan per kunjungan.

Infopreneur
Anda juga bisa berprofesi sebagai infopreneur, yakni  menjual informasi dalam bentuk buku, e-books, laporan khusus, teleconference, seminar, bukukerja dan program video.  Anda dapat memanfaatkan keahlian anda dalam hal bisnis, hobi atau berdasarkan subjek materi dengan memegang sebuah web site untuk menjual produk informasi Anda.

Merajut 
Merajut merupakan tren  yang bagus dengan banyak peluang untuk mendapatkan penghasilan.  Jika anda menciptakan selendang, selimut, sweater atau topi, Anda dapat menjual toko atau menjualnya lewat dunia maya (internet). Anda tinggal menyerahkan barang-barangnya pada toko setempat, atau mempunyai kios di pameran aneka kerajinan lokal.  Anda juga dapat mengajar cara merajut di rumah, atau pada pusat pelatihan atau di toko kerajinan tangan.

Buku Resep Tradisional  
Setiap  keluarga pasti memiliki resep favorit yang harus dipelihara untuk generasi mendatang.  Menciptakan buku resep tradisi yakni  mengumpulkan resep-resep dalam buku dengan menggunakan program word atau gambar-gambar  menuntut kreativitas anda.  Buku-buku ini menjadi sebuah hadiah yang sangat bagus dan potensial untuk dipesan oleh setiap orang dalam silsilah keluarga.  Buku ini dapat dijual di toko-toko setempat atau melalui jasa percetakan, atau yang dijual  secara online seperti di  www.lulu.com.

Rian S
Sumber : Home Business

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »